Air-Terjun-Tiu-kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Berjarak 60 km dari  kota Mataram. Dapat di tempuh dengan waktu sekitar 2 sampai 3 jam. Air terjun ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan sumber airnya berasal dari gunung Rinjani.

tiu-kelep1

Tiu Kelep berasal dari  bahasa Sasak yang merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Lombok, tiu berarti kolam, sedangkan kelep bermakna terbang. Terjemahan bebasnya adalah kolam tempat buih-buih air beterbangan. Pada saat-saat tertentu, butiran air yang beterbangan itu memunculkan pelangi di ujung air terjun.

 

tiu kelep#2

 

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat.  Terjunan airnya cukup deras dan besar dengan kolam yang terbentuk di bawahnya tidak begitu dalam hanya sepinggang orang dewasa.  Juga dasar kolam yang lembut dan datar memungkinkan pengunjung dapat berenang. 

tiu-kelep3

Posisi Air Terjun Tiu Kelep berada di hulu dari  air terjun Sendang Gile yang berada di bawahnya, dimana jatuhan air dari Air Terjun Tiu Kelep ini nantinya akan melewati tebing miring yang berlumut hijau membentuk Air Terjun Sendang Gila. 

 

Address 

Jakarta : 

Tower 88 lt 35 . Jl. Casablanca Raya Kv.88  Jakarta 

Denpasar : 

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 21A lt 2 . Kuta. Bali.

Tentang Kami

Contact Us   :  08111515405, 085998004590

Follow kami di :

@2017 Lekatour