Celuk Perak

Tempat  Wisata Celuk Silver atau Kerajianan  Perak Celuk terletak di Desa Celuk  Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar.

Kerajinan perak Celuk dikenal sebagai produk kerajinan yang bernilai tinggi, meski memiliki perbedaan ciri khas terpengaruh latar belakang budaya daerah yang dimiliki kedua produsen kerajinan perak tersebut. Desa Celuk mulai dikenal sejak sekitar tahun 1976 sebgai daerah penghasil kerajinan emas dan perak berkualitas dengan motif tegas dan jelas serta produk yang dihasilkan juga bisa dalam jumlah yang besar.

Pada awalnya penduduk desa Celuk hanya ada 3 pengrajin perak, dimana mereka menjajakan hasil produksinya dengan cara memajangnya di depan rumah mereka. Seiring perkembangan Bali yang menjadi ikon pariwisata dunia, maka di desa Celuk kemuduan bermunculan produsen kerajinan perak untuk dijadikan souvenir bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali.

 

Ratusan perajin perak dan tukang emas bekerja di rumah mereka di jalan belakang utara dan timur jalan utama. Sebagian besar perajin ini berasal dari keluarga pande, anggota sub-kasta pandai besi yang pengetahuan tentang api dan logam secara tradisional menempatkan mereka di luar hirarki kasta biasa. Sentra Produksi   mereka sangat menarik untuk dikunjungi, karena  memiliki harga yang  terendah dengan stok persediaannya tidak begitu banyak. Mereka menerima pesenan khusus jika Anda membawa sampel atau sketsa yang anda inginkan.

Hasil kerajinan perak Celuk semakin terkenal di kalangan wisatawan karena kualitas dan perkembangan motifnya yang selalu mengalami penyegaran membuatnya dapat diterima pasar dunia. Hasil kerajinan perak Celuk diantaranya adalah souvenir seperti , kalung, gelang,bros, anting-anting, cincin, dan bahkan bisa ditemukan kerajinan miniatur dari motor, delman, perahu, mobil hingga hiasan seperti keris dan kipas.

Sepanjang jalan Desa Celuk sekitar 2 km, kita akan temukan di sisi kiri dan kanan berbagai jenis toko emas dan perak yang dibuka untuk wisatawan domestik dan internasional. Begitu juga di dalam desa ini, kita akan menemukan kegiatan dan workshop kerajinan yang siap dipesan dalam jumlah kecil atau besar. Karena Desa Celuk berada di kawasan wisata, ada beberapa wisata darat yang menjadikan desa ini sebagai salah satu titik penghentian dalam perjalanan wisata ini termasuk Wisata Ubud, Wisata Kintamani.

Selain menjadi tujuan wisata belanja kerajinan perak, wisatawan juga dapat menyaksikan proses pembuatan kerajinan Perak Celuk mulai dari pemanasan bahan baku perak yang berasal dari Kalimantan dan Jawa. Proses yang meliputi dari proses pemanasan, pemotongan dan pembentukan sesuai motif juga desain, lalu hingga pemanis, penghalusan dan pemolesan itu akan memberikan pengalaman unik dan mengesankan untuk para wisatawan.

 

 

 

Address 

Jakarta : 

Tower 88 lt 35 . Jl. Casablanca Raya Kv.88  Jakarta 

Denpasar : 

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 21A lt 2 . Kuta. Bali.

Tentang Kami

Contact Us   :  08111515405, 085998004590

Follow kami di :

@2017 Lekatour