Desa Banyumulek

Desa Banyumulek terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Desa Banyumulek  berjarak sekitar 14 kilometer jika ditempuh dari Kota Mataram memiliki luas sekitar 4,2 hektar yang sebagian  besar ditempati oleh warga asli Lombok, 

Desa Banyumulek merupakan sentra industri gerabah di seantero Pulau Lombok sejak tahun 1990-an, di mana 80% penduduknya berkecimpung dalam pekerjaan tersebut 

Merese1

 

Desa Banyumulek merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan. Desa ini dikenal sebagai tempat perajin gerabah membuat karyanya.Gerabah yang dihasilkan dari desa ini cukup menarik bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak heran jika gerabah hasil buatan penduduk di desa banyumulek Lombok biasa di eksport. Dengan berbagai macam motif dan bentuk gerabah di desa ini, sangat berbeda dengan buatan di daerah lainnya. Dengan mengangkat motif – motif unik yang menggambarkan kekhasan dari desa banyumulek Lombok sendiri.

Merese2

 

Di sepanjang jalan desa, kita  akan menemui banyak galeri dan toko di kedua sisi jalan. Di galeri tersebut kita bisa menemui bermacam gerabah dengan varian yang lebih lengkap. Mulai dari ukuran, bentuk, warna, motif hiasan, keunikan, sampai fungsi yang bervariatif. Gerabah-gerabah tersebut tentu saja merupakan hasil karya pengerajin gerabah Desa Banyumulek ini. Beberapa diantaranya berupa vas bunga pasir, gentong telur, berbagai bentuk celengan, cas gepeng, adik-kakak ukir asam, kap lampu, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Namun kita  bisa menemui sebuah produk kerajinan gerabah Desa Banyumulek yang khas, yaitu Kendhil Maling. Kendhil yang satu ini cukup unik, karena memiliki desain dan cerita yang berbeda dari kendhil-kendhil biasanya. Kendhil Maling memiliki lubang di bagian dasarnya. Lubang ini dipakai untuk memasukkan air ke dalam kendhil. Seperti cara aneh seorang maling, yang tidak memakai jalan biasa (lewat atap atau lewat jendela, bukan lewat pintu) ketika hendak masuk ke sebuah rumah. Uniknya, desain yang khusus pada Kendhil Maling membuat air tidak keluar dari lubang tersebut saat kendhil diletakkan kembali.

Merese3Selain Anda bisa membeli gerabah yang di jual di tempat ini, Anda juga bisa melihat cara pembuatannya dan juga belajar bagimana cara membuatnya.

 

Address 

Jakarta : 

Tower 88 lt 35 . Jl. Casablanca Raya Kv.88  Jakarta 

Denpasar : 

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 21A lt 2 . Kuta. Bali.

Tentang Kami

Contact Us   :  08111515405, 085998004590

Follow kami di :

@2017 Lekatour