Desa Segenter

Desa Segenter terletak di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok NTB. Berjarak sekitar 90 Kilometer dari Kota Mataram di tempuh dalam 2 sampai 3 jam perjalanan.

Segenter#1

 

Untuk memasuki Desa Adat Segenter kita  akan melewati gerbang yang terletak setelah plasa Selamat Datang. Gerbang ini merupakan satu-satunya pintu masuk dan keluar dari Desa Segenter. Desa Segenter yang memiliki luas sekitar 3 Hektar ini dikelilingi oleh pagar, dan hanya mempunyai 1 pintu. Memasuki Desa Segenter kita akan menemui deretan rumah yang tertata rapi. 

Segenter#2

 

Desa Segenter adalah salah satu desa adat tertua di Lombok. Desa di kaki Gunung Rinjani ini  memiliki bentuk rumah adat yang sangat khas dan masih terjaga hingga saat ini. Seperti layaknya bangunan adat di Lombok lainnya, bangunan khas Desa ini terbuat dari bambu dengan atap alang-alang. Lantainya terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan kotoran sapi. Uniknya, setiap dua rumah yang berhadapan terdapat 1 buah Berugaq sebagai balai tempat menerima tamu.
Segenter#3

Meski berada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, namun masyarakat Segenter bukanlah orang Bayan. Mereka merupakan bagian dari masyarakat Sasak, sama halnya mereka yang tinggal di Desa Sade maupun Ende . Karena itu rumah disini seperti rumah tradisional Suku Sasak umumnya berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 6×7 Meter. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu, namun sekarang sudah ada beberapa rumah yang berdinding batu bata. Keduanya masih beratap tradisional, yaitu berbentuk limas dengan atap ilalang. Semua rumah adat tersebut masih berlantai tanah.

Di dalam rumah biasanya terdapat dapur, Amben Belek (tempat peralatan dapur), tempat tidur, serta Inan Belek. Inan belek ini merupakan ruangan istimewa. Ruangan ini dibangun sebagai ruangan khusus, dengan lantai kayu yang agak tinggi. Biasanya ruangan ini dipakai khusus untuk pengantin baru, sampai hari ketiga. Jika sebuah rumah tidak mempunyai Lumbung, Inan Belek juga bisa difungsikan sebagai gantinya.

Di Desa Segenter, biasanya satu generasi mendirikan rumah dalam satu area. Rumah orang tua berada di sisi Timur, sedangkan anak-anak menempati rumah yang terletak di depan rumah orang tua (di sisi Barat). Kedua rumah ini saling berhadapan dengan pemisah sebuah Berugak ditengah-tengahnya. Berugak tersebut dibangun dengan ukuran sekitar 4×6 Meter, yang difungsikan sebagai tempat untuk bercengkrama antara orang tua dengan anak. Serta menjadi tempat untuk belajar bersama, dan juga menerima tamu.

 

 

Address 

Jakarta : 

Tower 88 lt 35 . Jl. Casablanca Raya Kv.88  Jakarta 

Denpasar : 

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 21A lt 2 . Kuta. Bali.

Tentang Kami

Contact Us   :  08111515405, 085998004590

Follow kami di :

@2017 Lekatour