desa setanggor 100x400
Desa Setanggor

 Desa Setanggor terletak di wilayah Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

 

Desa yang memiliki 14 dusun ini mampu  mengemas paket wisata komplit. Desa wisata Setanggor didesain dengan desa wisata halal. Mulai dari wisata budaya sampai kuliner. Ada 7 jenis wisata yang ditawarkan di Desa Wisata Setanggor ini, mulai dari wisata religi sampai wisata agro. Wisata religi itu kegiatannya mengaji di tengah sawah. Kalau wisata ritual dengan mengadakan ziarah ke Makam Mertakmi yang merupakan makam keramat. Di sana ada disediakan rumah pohon bagi yang suka foto-foto. Kemudian ada wisata seni budaya di sanggar itu, lalu wisata tenun dengan melihat proses menenun.

Ada juga wisata kebun dimana para wisatawan dapat memetik ubi di kebun lalu makan siang di tengah sawah. Wisata agro itu pengunjung diajak ke kebun buah naga, sedangkan wisata terakhir yaitu permainan anak tradisional sama pepausan huruf Sasak

 

Sambutan pertama saat menjejak kaki di Setanggor adalah musik gendang beleq yang dimainkan warga. Setiap wisatawan yang datang berkunjung akan dipakaikan kain serta lambung untuk perempuan sebagai penerapan halal tourism village.

Setelah itu, wisatawan akan dibawa  ke sanggar seni untuk disuguhkan berbagai kesenian tradisional yang dibawakan oleh anak-anak dan remaja Desa Setanggor. 

Setanggor sendiri juga punya tenun khasnya sendiri. Apalagi hampir setiap perempuan di Setanggor memiliki kemampuan dasar menenun. Iya, skill ini diturunkan dari ibu ke anak perempuannya. Begitu seterusnya. Dengan adanya sentra tenun, maka masyarakat tidak perlu lagi bekerja sendiri-sendiri menunggu pesanan atau menjual tenun sendiri

 

 

Dari semua wisata tersebut, yang paling banyak diminati adalah sanggar seni, makan di tengah sawah serta wisata religi.

Address 

Jakarta : 

Tower 88 lt 35 . Jl. Casablanca Raya Kv.88  Jakarta 

Denpasar : 

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 21A lt 2 . Kuta. Bali.

Tentang Kami

Contact Us   :  08111515405, 085998004590

Follow kami di :

@2017 Lekatour