Tanjung Benoa

Tanjung Benoa adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Tanjung Benoa merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dan lain – lain . Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.

 

Aktifitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah laut dangkal dan laut dalam'

Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/ banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar.

Ada berbagai macam atraksi permainan water sport yang dapat di nikmati di Tanjung Benoa seperti berikut ini :

Flyboard :

 

Flyboard Bali merupakan salah satu jenis water sport yang menggunakan papan seperti wakeboard dengan sepasang sepatu yang melekat secara terpisah di papan sebagai peralatan utama. Selain itu sensasi terbang juga menjadi daya pikat permainan ini. Anda akan dibuat terbang dengan papan yang melekat akibat didorong oleh tekanan air yang tinggi sehingga akan serasa menjadi seperti Iron Man. Permainan ini memang tergolong ekstrem sehingga sangat menantang adrenalin anda. Flyboard pertama kali di populerkan oleh Frank Zapata yang telah terkenal di seluruh dunia sebagai juara jet ski. Permainan ini memang mengandalkan tiga hal yaitu tekanan air yang kuat, air laut yang tenang dan kemampuan bermain jet ski.

Alat Flyboard

Konsep permainan Flyboard adalah dengan ditarik oleh speedboat yang dikendarai 1 orang pemandu profesional. Ini akan menghasilkan tekanan air yang besar berkekuatan 200 pk dan membuat wakeboard khusus yang anda gunakan melayang di berbagai macam ketinggian mulai dari 5 – 10 meter. Jika anda sudah ahli memainkannya, anda akan dapat melakukan berbagai teknik-teknik ekstrem saat diatas seperti memutar balikan badan dan melompat selama berada di ketinggian. Teknik-teknik tersebut bisa anda pelajari dengan bimbingan dari operator profesional. Anda juga tidak perlu khawatir dalam mengoperasikan flyboard karena pada dasarnya perangkat ini mudah dipelajari. Bahkan hampir semua orang bisa terbang saat pertama kali mengoperasikan permainan ini, setelah beradaptasi selama 5 menit di dalam air.

 

Anda tidak perlu khawatir masalah keamanannya karena semua peralatan yang digunakan seperti wakeboard, sarung tangan dan jaket pelampung sudah berstandar internasional demi keamanan dan kenyamanan anda. Selain itu, anda juga akan didampingi oleh para pemandu yang sudah berpengalaman dan terlatih. Mereka akan memberikan pengarahan dan tata cara penggunaan perangkat flyboard dari awal sampai akhir. Anda akan diberikan waktu total 20 menit dalam melakukan permainan ini. 5 menit pertama akan digunakan di dalam air untuk menyesuaikan penggunaan alat dan 15 menit untuk terbang jika sudah mampu mengontrol penggunaan alat dengan baik.

Banana Boat.

Aktivitas banana boat Tanjung Benoa Bali ini adalah games ‘masal’ yang bisa ngangkut sampai 7 orang sekaligus. Banana boat Tanjung Benoa Bali merupakan permainan air yang menggunakan boat berbentuk pisang. Banana boat ini ditarik pakai speedboat dengan seutas tali sebagai penghubungnya. Sebelum naik banana boat, Anda diharuskan menggunakan baju pelampung yang sudah disediakan di lokasi. Perlu diketahui, banana boat mampu memuat maksimal 7 orang peserta ditambah 1 orang pemandu. Saat nanti sudah mulai ditengah laut keliling kurang lebih 15 menit kesana kemari sambil goyang-goyang boatnya. Di Tanjung Benoa Bali, tempat watersport Banana boat ini berada, ada beberapa hal mungkin perlu Anda perhatikan sebelum menaikinya diantaranya:

Anda harus menggunakan pelampung (life jacket) karena sewaktu-waktu perahu banana bisa terbalik atau tidak sadarkan diri tercebur.

Anda akan didampingi 1 instruktur yang berpengalaman

Banana boat bisa muat 5 orang (1 orang instruktur + 4 penumpang) atau 7 orang dan bahkan ada yg versi jumbo hingga bisa muat 9 orang sekaligus.

Lama permainan adalah 15 menit

 

Flying fish

 

Permainan watersport flying fish adalah permainan yang berisi peserta 2 orang (tidur tengadah) + 1 pemandu (berdiri bungkuk) yang ada di boat flying fish. Kemudian ditarik oleh speedboat menggunakan tali. Bagai layangan, boat flying fish ini akan terbang berlawanan arah angin sekitar 10 menit. Sensasinya ternyata disini saat diketinggian, karena berada pada posisi tengadah, tentu melihat dan merasakan betul suasananya ditambah lagi saat pendaratan.

 

Permainan ini sangat berbeda dengan jetski waverunner serta banana boat yang tidak bisa terbang . Durasinya juga tidak dihitung lamanya waktu  melainkan dihitung 2x terbang untuk satu kali permainan.

Posisi penumpang saat mencoba permainan flying fish ada beberapa pilihan. Misalnya duduk seperti naik sepeda motor dan tidur terlentang. Penumpang akan berpegangan pada tali yang melintang di tengah tengah perahu. Kemudian perahu ini akan ditarik dengan speed boat yang dikendarai 1 orang pemandu. Dengan kecepatan tinggi dan melawan arah angin akan dibawa dari pantai menuju ke tengah-tengah pantai. Hal tersebut menyebabkan perahu fliying fish akan terbang dengan tinggi kurang lebih 2 meter dari permukaan air laut. Ketinggian terbang biasanya tergantung dari kecepatan angin.

Para pemandu yang sudah terlatih dan berpengalaman akan dengan senang hati memberi pengarahan kepada wisatawan yang ingin mencoba permainan Bali flying fish.

Misalnya pengenalan dari semua peralatan yang digunakan, posisi yang tepat di atas perahu, dan aturan permainan dari awal hingga terakhir.

Hal ini didukung dengan semua peralatan yang sudah memenuhi standar internasional, karena keselamatan dan kenyamanan bersama sangat diutamakan.

 

Jetski

 

Jetski adalah kendaraan motor air yang bermesin jet. Penggunanya bisa membawa layaknya membawa sepeda motor. Ada stangnya dan ada gasnya. Cukup hanya menarik gas, jetski sudah langsung berjalan.

Wave runner jetski Bali di Tanjung Benoa banyak sekali peminatnya. Usia 6 tahun sudah bisa ikutan. Saat naik, pemandu akan mendampingi. Pemandunya bisa didepan posisinya atau bisa boncengan. Jadi tergantung keinginan Anda.

 

Parasailing

 

Parasailing atau paralayang merupakan permainan sejenis terjun payung yang ditarik oleh speedboat. Beda dengan terjun payung pada umumnya, parasailing pada saat mau terbang akan ditarik dari bibir pantai oleh speedboat (boat berkecepatan tinggi). Di ketinggian, bisa melihat indahnya pantai Tanjung Benoa, melirik padatnya pelabuhan benoa

Sebelum parasut di tarik oleh speed boat.  parasailor ini diikat ke harness yang melekat kanopi parasailing dan terhubung dengan speed boat melalui tali. Kemudian Instruksi dasar untuk pendaratan diberikan sebelum lepas landas. Setelah parasailor sudah siap, kru pantai sinyal pengemudi perahu untuk menyalakan dan kencangkan tali derek menggembungkan kanopi parasailing, Betapa indahnya menikmati pemandangan alam laut sambil terbang melayang menggunakan parasut

Sebelum parasailing dimainkan, tim kami yang sudah memiliki “jam terbang” tinggi, akan melakukan olah tkp. Merasakan arah angin, melihat cuaca, dan melakukan pengujian terbang naik parasailing. Jika kondisi sudah ok, baru bisa dibuka untuk umum. Saat sudah dibuka untuk umum pun, petugas kami selalu melakukan pantauan, menjaga disetiap sudut, dan tidak lupa juga akan selalu memberikan pengarahan kepada Anda yang akan melakukan permainan ini.

Untuk peralatan parasailing, Anda mesti pakai baju pelampung (life jacket) dan sarung (slop) tangan (merah dan biru). Apa kegunaannya? secara jelas nanti akan diberikan arahan sama petugasnya. Tapi intinya nanti dipakai untuk melakukan pendaratan setelah selesai main 1x putaran. Pendaratan pasti berjalan mulus dan akan dijaga dibawah sama 2 petugas kami. Jangan takut, tidak akan ada lecet atau luka yang lainnya.

 

Rolling donut

 

Permainan Rolling Donut Tanjung Benoa Bali, ini hampir mirip dengan banana boat Tanjung Benoa Bali. Boat berbentuk donut yang kita duduki, ditarik sama speedboat kemudian dibawa ke tengah laut dan sekali-sekali di tarik ulur berbentuk zig-zag dan diputar-putar ditengah laut.

Olahraga air ini dimulai pukul 09.00 pagi sampai 04.30 sore dan sudah dilengkapi dengan jaket keselamatan.

 

Scuba Diving 

 

Berbeda dengan snorkeling Tanjung Benoa Bali, aktivitas diving bisa menyelam sampai ke dasar laut dalam waktu yang relatif lama karena berbekal tabung oksigen

Untuk peralatan scuba diving hampir sama dengan snorkeling hanya beda di tabung oksigen.

Bagi pemula tentu sangat takut mencoba permainan ini mungkin karena tidak bisa berenang, belum mahir, atau tidak punya sertifikasi diving. Namun semuanya tidak menjadi masalah jika mencoba dikarena  tempat ini ada pemandu/instruktur diving yang berpengalaman yang selalu siap mendampingi baik saat briefing maupun saat di dalam air. Nanti akan ada metoda khusus yang akan diberikan bagi pemula.

 

Sea Walker

 

Seawalker Ada yang menyebut open sea, dive walker, marine walking, dll itu semua prinsipnya sama saja yaitu jalan didasar laut sambil menikmati indahnya terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang menarik saat berliburan ke Bali.

Minimal usia untuk bisa ikut seawalker adalah 12 tahun dan maksimal 65 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan usia diatas 65 tahun juga bisa ikut tergantung kondisi fisik dan psikisnya.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, seawalker membawa Anda menambah pengalaman jalan-jalan di dasar laut menikmati kerumunan ikan yang menarik, melihat kehidupan terumbu karang, atau bisa jadi melihat habitat biota laut lainnya. Peralatan yang dipakai juga tidak ribet yaitu pakaian renang + sepatu khusus + helm seawalker. Tidak perlu pakai kacamata selam, sepatu katak, ataupun gendong tabung gas kesana kemari .  Tidak perlu juga harus bisa berenang karena seawalker memang tidak berenang.

 

Snorkeling

 

Snorkeling adalah kegiatan rekreasi yang populer, Daya tarik utama adalah kesempatan untuk mengamati kehidupan bawah laut di alam tanpa peralatan yang rumit dan tanpa gelembung dihembuskan seperti diving.

Para pemandu yang sudah terlatih dan berpengalaman akan dengan senang hati memberi pengarahan kepada wisatawan yang ingin mencoba permainan Snorkeling

Misalnya pengenalan dari semua peralatan yang digunakan dan aturan permainan dari awal hingga terakhir.

Hal ini didukung dengan semua peralatan yang sudah memenuhi standar internasional, karena keselamatan dan kenyamanan bersama sangat diutamakan.

Untuk satu kali nyelam , berlangsung sekitar 15 menit

Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Snorkel terdiri dari dua bagian: selang udara dan pelindung mulut. Selang dibuat dari plastik atau karet keras, dengan ukuran diameter sekitar 2 cm dan panjang sekitar 30 cm. Selang yang terlalu panjang membuat bernapas menjadi sulit, dan memperbesar kemungkinan penyelam menghisap kembali karbon dioksida yang tertahan di dalam selang.

Pelindung mulut dibuat dari silikone atau karet, dan terdiri dari penutup berbentuk lengkung, dan bagian untuk digigit. Ukuran pelindung mulut juga harus sesuai dengan ukuran mulut. Ketika menyelam di bawah air, udara di dalam snorkel keluar, dan air masuk ke dalam snorkel. Ketika sampai di permukaan, air dalam snorkel dikuras dengan cara menghembuskan udara keras-keras dari dalam mulut.

Masker selam adalah jendela kedap air yang melindungi sebagian wajah, terutama mata dan hidung dari air. Bagian lensa dibuat dari kaca pengaman sementara kantong hidung serta kerangka masker dibuat dari silikone atau karet. Di bagian sisi masker terdapat tempat untuk memasang snorkel.

Sewaktu mengenakan masker, penyelam bernapas dengan mulut. Masker dapat menjadi berembun atau kemasukan air bila penyelam memaksa untuk bernapas melalui hidung. Rambut penyelam juga tidak boleh terjepit di antara masker dan wajah supaya masker tidak kemasukan air..

 

Kaki katak

Kaki katak adalah sepatu karet dengan sirip yang melebar di bagian ujung kaki. Snorkeling bisa saja dilakukan tanpa kaki katak, tapi alat ini bisa menambah daya dorong kaki manusia ketika berenang.

Kaki katak terdiri dari dua jenis: tumit terbuka (open heel) dan kaki tertutup (full foot atau pocket foot). Jenis kaki katak kaki tertutup tersedia dalam berbagai ukuran seperti halnya ukuran sepatu. Dibandingkan kaki katak tumit terbuka, jenis kaki katak tertutup memiliki ujung sirip yang lebih pendek. Ketika memakai kaki katak tumit terbuka, penyelam mengenakan sepatu bot dari bahan neoprena. Sepatu bot berfungsi sebagai pelindung kaki dari dari luka, dinginnya air, atau pencegah lecet. Kaki katak tumit terbuka hanya dibuat dalam beberapa ukuran: kecil, sedang, besar, dan ekstra besar.

Pulau Penyu Bali + Glass Bottom Boat

 

Ini dia wisata keluarga di Tanjung Benoa Bali. Semua ‘lapisan’ umur bisa ikut dalam aktivitas watersport ini yaitu Glass bottom boat + Pulau penyu Bali. Bagi pencinta penyu, kamu datang ke pulau penyu (turtle island) melalui pantai Tanjung Benoa. Secara geografis, pantai ini terletak di “kaki” pulau Bali sebelah timur. Wilayah ini berada di daerah Nusa dua, Badung. Dari Kuta menempuh jarak sekitar 1 jam memakai mobil.

Dari pantai Tanjung Benoa, kamu naik boat bernama GBB alias Glass bottom boat menuju pulau penyu. Jaraknya sekitar 15 menit.

Glass bottom boat adalah boat yang berisi kaca berukuran persegi dibawahnya. Fungsinya untuk bisa melihat biota bawah laut saat boat berada di tengah laut.

Sesampai di lokasi pulau penyu, kamu bisa melihat tempat penangkaran penyu, landak, ular, burung elang, dll. Namun sebagian besar di dominasi oleh penyu.

Address 

Jakarta : 

Tower 88 lt 35 . Jl. Casablanca Raya Kv.88  Jakarta 

Denpasar : 

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 21A lt 2 . Kuta. Bali.

Tentang Kami

Contact Us   :  08111515405, 085998004590

Follow kami di :

@2017 Lekatour