Tirtagangga

Tirta Gangga

Tirta Gangga  terletak di Desa Ababi Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem, Bali. Berjarak sekitar 50 km dari Denpasar dan 75 km dar Bandara Ngurah Rai . Dapat di tempuh sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan.

Tirta Gangga secara harfiah berarti air yang diberkati  dari Sungai Gangga dan merupakan tempat penghormatan bagi orang Bali Hindu. Tirta Gangga dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem. Namun, nama tersebut banyak digunakan untuk merujuk pada area umum yang mencakup istana air dan daerah pedesaan yang subur.

Taman Tirta Gangga dibangun dengan gaya perpaduan arsitektur Bali dan China yang unik. Dasar taman air dengan luas sekitar 1,2 ha  ini dibangun memanjang dari barat ke timur di area persawahan.   Terdiri dari tiga kompleks terpisah masing-masing dengan kolam dan banyak pahatan.

Kompleks pertama di tingkat terendah memiliki dua kolam besar dan menara air. Kompleks kedua (middle level) adalah kolam renang. Kompleks ketiga adalah rumah kompleks utama dengan rumah negara mantan Raja.

Suasana di kawasan wisata Tirta Gangga sangatlah sejuk, hal ini disebabkan karena letaknya yang berada tepat di bawah kaki Gunung Agung.  Kesejukan dan keasriannya ini yang membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah sangat pas untuk menhabiskan waktu libur di sini.

Pertama  memasuki pintu gerbang utama, anda akan disambut oleh beberapa patung yang seolah olah berbaris bak  prajurit. Wisatawan dapat berjalan jalan di atas kolam melalui jalan setapak yang terbuat dari batu batu yang disusun berderet menyerupai jembatan.  Batu batu yang disusun ini berbentuk segi enam. Selain dapat berjalan mengitari kolam.

Tirta gangga2

 

Taman Tirta Gangga selalu dianggap suci dan sering digunakan untuk upacara adat . Tidak jauh dari kolam Tirta Gangga, terdapat sebuah taman kecil dimana di tempat tersebut ada sebuah menara air setinggi 10 meter. Menara ini berbentuk seperti atap di pura pura, bentuknya berlapis lapis.

 

Air di Kolam Tirta Gangga berasal dari dalam tanah, bukan di isi seperti pada kolam renang pada umumnya. Menurut penduduk setempat, air ini adalah air suci yang biasa mereka gunakan ketika melakukan upacara adat.

Selain Kolam renang yang berisikan patung patung, wisata Tirta Gangga juga memiliki kolam renang yang memperbolehkan wisatawan untuk berenang disana. Kolam yang dapat digunakan untuk berenang adalah Kolam Air Sanih. Air di kolam Sanih sangat lah jernih, karena juga berasal dari sumber langsung. Area renang untuk anak anak dan orang dewasa sengaja dibedakan, karena kedalaman dari kolam renang ini berbeda beda.

 

Address 

Jakarta : 

Tower 88 lt 35 . Jl. Casablanca Raya Kv.88  Jakarta 

Denpasar : 

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 21A lt 2 . Kuta. Bali.

Tentang Kami

Contact Us   :  08111515405, 085998004590

Follow kami di :

@2017 Lekatour