1.820.3345.33 Contact@TravelTourWP.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Desa Adat Senaru

• Letak Desa Senaru adalah titik awal bila kita ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani . Desa Senaru adalah desa adat tertua di Lombok. Sebab Desa ini merupakan desa pertama suku Sasak di pulau Lombok.

• Desa Senaru merupakan desa wisata yang indah dan masih berpegang teguh pada kultur budaya. Sehingga destinasi yang dapat kita nikmati ketika berkunjung ke Desa Senaru adalah destinasi wisata yang berbau kultur budaya . Meski pun di Desa ini juga ada beberapa wisata alam seperti air terjun yang dapat kita temukan disini.

• Rumah adat Senaru yang hingga saat ini masih berdiri dapat menjadi tanda masih eratnya desa Senaru dengan kultur budaya Lombok. Rumah adat ini masih dipertahankan sampai sekarang dengan semua keunikannya.

• Di Desa Senaru terdapat rumah-rumah dengan bentuk yang sama. Bagian dalam rumah pun semuanya sama. Ini mereka dapatkan sejak jaman nenek moyang dulu. Mereka masih hidup di rumah yang sama seperti leluhur mereka dulu. Tidak ada kamar tertutup di dalam rumah. Semua “kamar” terbuka, tidak memiliki pintu ataupun dinding. “Kamar” tidur hanyalah berupa bale-bale saja dan semua tidur bersama. Bagian atap rumah menggunakan ilalang, sedangkan dindingnya terbuat dari rotan.

• Setiap keluarga memiliki “beruga”, pondok kecil tanpa dinding yang berfungsi sebagai ruang makan, ruang bercengkrama, ruang tidur di sore hari, dan tempat untuk mengadakan upacara ritual. Jika ada anggota keluarga yang meninggal, mereka akan menaruhnya di beruga ini. Ritual adat juga dilangsungkan di beruga.