1.820.3345.33 Contact@TravelTourWP.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Gumuk Pasir

• Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Lokasi gumuk ini berada di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis.
Gumuk pasir adalah salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi angin, terbentuk karena pasir yang
menumpuk dalam jumlah besar

• Gumuk Pasir Parangkusumo atau di sebut juga sebagai Gumuk Pasir Barchan”. Rupanya, barchan merujuk pada jenis gumuk pasir tersebut dimana Gumuk pasir tipe barchan memiliki ketinggian 5-15 meter.
Gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo. Setelah terendap di pinggir pantai, barulah angin dari Samudra Hindia mengukir tumpukan pasir ini. Jadilah bentang alam yang unik

• Gumuk Pasir Parangkusumo termasuk dalam gumuk pasir pesisir (coastal dunes). Gumuk pasir ini terdapat di seluruh garis lintang di dunia, mulai dari kutub hingga khatulistiwa. Meski gumuk pasir tersebar di Indonesia, Vietnam, dan Filipina, hanya Gumuk Pasir Parangkusumo yang menjadi lokasi sandboarding dan wisatawan bisa menyewa papan untuk sandboarding sepuasnya.