Kebun Buah Mangunan

• Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Jogjakarta. Kebun Buah Mangunan ini berjarak 35 km dari pusat Kota ditempuh 60 menit dari kota pusat kota Jogjakarta.
Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200 m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.

• Bisa melihat pantai Parangtritis dan kota Bantul dari satu lokasi. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari Kebun Buah Mangunan yaitu Pantai Parangritis pada bagian selatan, pemandangan Kota Bantul yang berada di bagian barat serta keelokan sungai Oya yang sangat curam. Banyak populasi monyet yang juga terdapat di lokasi ini dapat menjadi salah satu potensi wisata.

• Di sini kita juga bisa berlibur sekaligus mempelajari tumbuh-tumbuhan secara langsung. Potensi wisata yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan apik sesuai dengan kondisi kemiringan bukit mangunan antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, serta manggis. Di samping itu terdapat pula buah-buahan lain yang jumlahnya relatif sedikit seperti matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak dan belimbing. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium dan pinus.

• Melihat proses pembibitan sapi. Tujuan dari adanya pembibitan sapi ini yaitu selain untuk menambah populasi ternak sapi juga agar terjadi siklus yang berkesinambungan antara ternak sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan.

• Beberapa fasiltas yang ada di sani adalah
Outbond, Flying fox, Jembatan goyang, Bumi perkemahan, Penginapan, Reflying, Ruang pertemuan , Kolam renang anak-anak, Lahan pembelajaran pembibitan tanaman, Pembelajaran pembuatan pupuk, Aneka tanaman buah dan tanaman hias.